Radiografi digital juga disebut radiografi digital langsung. Perbedaan antara radiografi digital dan radiografi konvensional dapat dibandingkan dengan perbedaan antara kamera lama berdasarkan penggunaan film yang harus dikembangkan di ruang gelap, dan kamera digital modern.

Radiografi digital tanpa film, dan memungkinkan akuisisi, penghapusan, pengeditan, dan transfer film ke sistem komputer yang menghasilkan gambar hampir secara bersamaan. Sehubungan dengan prinsip-prinsip fisik, tidak ada banyak perbedaan antara radiografi digital dan film. Alih-alih menggunakan film untuk mendeteksi dan menyimpan data gambar, radiografi digital menggunakan detektor digital untuk menghasilkan gambar digital, yang kemudian disimpan secara terpisah pada media digital.

Ada 4 langkah dalam radiografi digital: pembuatan gambar, pemrosesan, pengarsipan, dan presentasi.

Akuisisi dan Pemrosesan Gambar

Deteksi digital didasarkan pada konversi energi sinar-X yang diserap menjadi muatan listrik, yang kemudian harus diwakili secara digital dalam gambar skala abu-abu untuk menunjukkan energi sinar-X yang diukur yang diserap pada setiap titik dalam gambar digital.

Gambar akhir diproduksi menggunakan perangkat lunak pengolah. Tujuan pemrosesan gambar adalah untuk meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi noise, menghilangkan artefak, dan meningkatkan kontras jika perlu.

Pengarsipan dan Presentasi Gambar

Gambar akhir disimpan secara digital di media penyimpanan untuk dilihat di komputer. Saat sedang dilihat, gambar mungkin diperbesar, diukur, untuk jarak dan sudut, digeser, atau berjendela. Gambar dapat dikirim ke komputer lain untuk dilihat dari jauh, atau ditautkan ke sistem rekam digital untuk perbaikan pengambilan dan diagnosis.

Prinsip dasar, oleh karena itu, adalah untuk mendeteksi sinar-X, kemudian mengkonversi sinar-X untuk diisi secara langsung atau tidak langsung (melalui konversi menjadi cahaya sebagai langkah pertama oleh fosfor atau sintilator). Gambar-gambar ini diproses dan dilihat secara digital. Proses ini memakan waktu 10 detik atau kurang, dan tidak memerlukan kaset.

Detektor Panel Datar

Salah satu jenis pelat detektor yang digunakan dalam radiografi digital adalah detektor panel datar. Ini adalah dua jenis – konversi panel datar konversi langsung dan tidak langsung. Array ubin dari detektor digunakan untuk menutupi seluruh bidang pencitraan sesuai kebutuhan.

Pembelajaran mendalam menunjukkan potensi untuk meningkatkan interpretasi sinar-X dada Konversi tidak langsung detektor panel datar memiliki tiga lapisan. Lapisan yang paling dangkal terdiri dari cesium atau gadolinium, kilau (fosfor) yang digunakan untuk mengubah sinar-X datang menjadi cahaya tampak. Lapisan tengah terdiri dari detektor fotodioda silikon amorf, dan lapisan terakhir terbuat dari susunan transistor film tipis (TFT). Array TFT sama besar dengan area yang akan dicitrakan.

Fungsi TFT adalah untuk memperkuat sinyal listrik yang dihasilkan oleh konversi cahaya dari fotodioda, dan untuk menyimpannya dalam bentuk muatan listrik. Ketika perbedaan potensial tinggi diterapkan pada TFT, itu melepaskan muatan. Barisan detektor dalam transistor secara individual terhubung ke potensi yang mengaktifkan muatan. Aplikasi baris-demi-baris dari potensi memungkinkan deteksi sinyal untuk menunjukkan lokasi piksel asal berdasarkan waktunya.

Cahaya yang dihasilkan dalam reaksi ini kemudian dikonversi menjadi muatan, karenanya istilah konversi tidak langsung. Konversi langsung panel datar berfungsi dengan menggunakan bahan konduktif cahaya, biasanya selenium, yang dilapisi pada susunan TFT yang menumpuk dan menyimpan muatan listrik. Lapisan terluar terdiri dari elektroda yang memiliki bias tegangan tinggi. Detektor ini memiliki resolusi spasial yang lebih baik dan dosis radiasi lebih rendah dibandingkan dengan sinar-X konvensional.

Selain itu, baik pencahayaan di bawah atau pencahayaan berlebih tidak penting untuk kualitas gambar. Jenis detektor lain yang digunakan dalam radiografi digital langsung adalah CCD. Detektor panel datar konversi tidak langsung ini adalah sensor peka cahaya seperti yang digunakan pada kamera. Masalah dengan perangkat ini adalah batasan ukurannya, sekitar 5 cm2. Ini juga dikombinasikan dengan fosfor untuk mengubah sinar-X menjadi cahaya, yang kemudian dapat difokuskan pada CCD untuk dikonversi menjadi muatan listrik. Data yang dihasilkan lolos ke array TFT untuk dibacakan.

Keuntungan Radiografi Digital

Keuntungan utama radiografi digital adalah kualitas gambar yang sangat tinggi. Radiografi digital umumnya digunakan di fasilitas yang memiliki alur kerja pencitraan pasien yang sangat tinggi. Kecepatan pemrosesan dan diagnosis juga meningkat pesat. Selain itu, penglihatan jarak jauh dimungkinkan, dan gambar juga dapat disimpan secara digital agar pasien dapat dibawa ke tempat lain jika diinginkan.

Sistem detektor sinar-X dijelaskan dalam hal efisiensi dengan seberapa baik mereka mendeteksi foton dan berapa banyak noise yang ditambahkan ke sinyal yang terdeteksi. Ini diukur dengan efisiensi kuantum detektif, atau DQE. DQE 100% berarti bahwa setiap foton sinar-X telah terdeteksi dan tidak ada noise. Sistem radiografi digital dapat mencapai DQE setinggi 65% dibandingkan dengan 30% yang lebih khas dari radiografi terkomputerisasi. Keuntungan praktis adalah kemampuan untuk menggunakan dosis radiasi yang lebih rendah tanpa meningkatkan noise kuantum.

Kekurangan/Kelemahan dari digital radiografi

Adalah biayanya, karena diperlukan 2 pelat detektor terpisah, satu untuk setiap posisi Bucky. Detektor ini sangat mahal. Selain itu, mereka tidak dapat diposisikan untuk pencitraan pada sudut yang canggung. Akibatnya, desain baru telah dikembangkan untuk meningkatkan fleksibilitas teknik ini. Masalah penting lainnya adalah perlunya pencahayaan tinggi dan monitor dengan resolusi tinggi untuk melihat gambar digital akhir, dan kebutuhan untuk mengatur volume besar penyimpanan digital pada media yang sesuai. Radiografi digital juga sepenuhnya tergantung pada memiliki pengarsipan gambar dan sistem komunikasi (PACS) dengan bandwidth tinggi sehingga gambar resolusi tinggi ini dapat diarsipkan.

Kami PT. SRI INTAN PERKASA menyediakan produk-produk radiologi seperti Digital Radiography (DR) untuk klinik kesehatan, rumah sakit, klinik kedokteran gigi, dan hal-hal yang berkaitan dengan kedokteran radiologi. Berdiri sejak tahun 1994, kami selalu menyediakan produk-produk, jasa yang berkualitas dan harga yang kompetitif juga memberikan layanan yang terbaik untuk Anda.

69 Views
Please follow and like us:
error0
fb-share-icon20
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Comment